Ukm, Inilah Strategi Jual Murah!

daya jual beli

Sebelumnya, pemerintah menjamin kelompok masyarakat menengah ke bawah atau tergolong miskin mendapatkan stimulus dari pemerintah berupa bantuan langsung tunai. Hal itu dilakukan demi menjaga daya beli masyarakat di tengah wabah judi deposit ovo virus corona atau covid-19. Sementara itu, deflasi biasanya terjadi akibat minimnya uang yang beredar di masyarakat. Kondisi tersebut membuat produsen harus menurunkan harga jual barang dan jasa, agar tetap bisa diakses publik.

daya jual beli

Misalnya sektor UKM pembuat kue dan roti yang dipusingkan dengan melambungnya harga telur dan gula pasir. Pilihan ini tergolong beresiko, mengingat saat ini daya beli masyarakat sedang lesu. Daya beli masyarakat bisa diartikan sebagai mampu tidaknya masyarakat untuk membayar dalam memperoleh barang yang dibutuhkan atau diinginkan. Sudah sejak lama, daya beli masyarakat menjadi acuan para pebisnis dalam menjalankan usaha mereka. Dinamika perekonomian memengaruhi jalannya bisnis baik dalam skala kecil, menengah, dan besar. Oleh karena itu, sangat wajib untuk diketahui para pebisnis indikator-indikator apa saja yang memengaruhi daya beli masyarakat agar tidak mengalami kerugian dalam bisnisnya.

Kenaikan yang tidak besar ini membuat akses masyarakat untuk memperoleh berbagai barang dan jasa terjaga. Sebaliknya, jika inflasi tinggi, maka hampir dipastikan ada kenaikan harga besar-besaran yang terjadi di pasar. Meski diproyeksi terjadi perbaikan pada kuartal ketiga 2020, pertumbuhan ekonomi yang negatif dalam dua kuartal berturut-turut merupakan resesi ekonomi. “Permintaan jauh lebih kecil dari suplai, akibatnya harga turun karena permintaan turun. Akibat dari penurunan daya beli itu direfleksikan di mana konsumsi dan investasi mengalami kontraksi, ” tuturnya. Selain PHK, lanjut dia, penurunan pendapatan juga disebabkan pengurangan gaji hingga omzet usaha. Menurut dia indikator pendapatan masyarakat menurun itu antara lain penurunan perdagangan industri ritel, penurunan produksi usaha, penurunan nilai tukar petan, dan penurunan pendapatan pekerja. Menurut Raden, indikator pendapatan masyarakat menurun itu antara lain penurunan perdagangan industri ritel, penurunan produksi usaha, penurunan nilai tukar petan, dan penurunan pendapatan pekerja.

JAKARTA, KOMPAS. com – Pemerintah mengakui daya beli masyarakat saat ini melemah karena pendapatannya menurun. Penurunan pendapatan ini salah satunya akibat pemutusan hubungan kerja sebagai dampak pandemi Covid-19. Sedangkan menurut kelompok pengeluaran, inflasi kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya mengalami peningkatan cukup besar yakni 1, 2% dengan andil 0, 07%.

Ini yang dilakukan oleh salah satu anggota kelompok 11 KKN-T UMSIDA, M. Kegiatan yang dilaksanakan sejak 9 Agustus sampai 20 September 2020 ini menuai respon positif dari pemilik UMKM, Bagus Arya yang memiliki usaha rengginang dan rambak di Sidoarjo. Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara melalui penjualan barang atau jasa ke negara lain disebut ekspor.

You may also like...