Dampak Pandemi Covid

daya jual beli

Salah satu yang dijaga adalah soal daya beli masyarakat agar kelangsungan usaha tetap ada. Pemerintah mengucurkan bantuan sosial khusus untuk membantu masyarakat dari golongan idn poker menengah ke bawah untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19 agar daya beli masyarakat ini tetap baik. Umumnya, inflasi terjadi akibat berlebihnya pasokan uang di masyarakat.

daya jual beli

Hal ini mengakibatkan produsen barang dan jasa berani menaikkan harga jual produknya. Sidoarjo – Sejak Maret 2020 pandemi Covid-19 menyebar di Indonesia, banyak sektor yang terdampak.

Tidak hanya UKM yang bergerak di sektor produksi rumahan, mereka yang bergerak di bidang jasa pun dilaporkan mengalami penurunan omset yang signifikan. Misalnya tukang cukur yang terpaksa harus kehilangan penghasilan akibat kebijakan social distancing. Efek pandemi korona ini juga membuat daya beli masyarakat ikut menurun, kelangkaan dan harga pangan jadi alasan. Pengamat ekonomi dari Universitas Lampung Asrian Hendicaya menanggapi akan fenomena ini. Demi menjangkau penduduk miskin, rentan miskin, dan hampir miskin yang mencapai 91, 45 juta orang, tak bisa hanya mengandalkan bantuan sosial dari pemerintah.

Peran serta dunia usaha lewat CSR, lembaga zakat, dan lembaga kemanusiaan lainnya sangat dibutuhkan untuk mengurangi beban penduduk. Kepedulian penduduk kelas menengah mapan dan kelas ekonomi atas dalam meringankan beban hidup penduduk terdampak agar mampu membangkitkan daya beli. Pembagian BLT melalui rekening masing-masing penerimanya dianggap langkah untuk mengurangi kerumunan dan mengikuti anjuran physical distancing yang kerap disampaikan oleh pemerintah. Sebab, uang dari BLT itu akan langsung dibelanjakan bahan pangan atau kebutuhan lainnya oleh masyarakat dan uang masuk ke dalam sektor riil khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah di tiap daerah. Karena permintaan meningkat, maka dari sisi suplai, UMKM sebagai produsen tetap bisa bergerak. Pemerintah terus berupaya untuk terus mereduksi dampak negatif merebaknya virus corona terhadap roda perekonomian nasional.

Para pemilik UMKM khususnya dituntut untuk semakin kreatif dan bertahan dalam masa yang sulit ini. Salah satu supaya produk memiliki nilai jual yang tinggi, dapat dilakukan seperti melakukan branding produk dan melakukan pemasaran melalui online.

You may also like...